Permainan Kartu Bilangan Bulat
by: Kristoforus Lera
Integer Card Game (ICG) merupakan permainan dengan menggunakan seperangkat kartu bernomor yang dikembangkan sendiri oleh penulis. Tujuannya adalah untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi pengurangan dan penjumlahan bilangan bulat. Permainan ini melibatkan seluruh siswa yang terbagi dalam kelompok-kelompok dan dimaksudkan untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai materi pelajaran yang diberikan.
Permainan ini menggunakan 40 kartu yang berisi 2 set kartu bilangan positif (1 sampai 10) dan dua set kartu bilangan negatif (-1 sd -10). Pasangan kartu positip berwarna hitam dan pasangan kartu negatif berwarna merah, dengan bulatan-bulatan merah dan hitam sebanyak nomor kartu. Ilustrasinya dapat disajikan dalam gambar berikut.

ICG dilakukan secara berkelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa. Banyak kelompok disesuaikan dengan banyak siswa dalam kelas. Dalam pembelajaran ini peneliti mengelompokkan siswa ke dalam 6 kelompok dan permainan terbagi dalam dua grup. Kelompok 1-3 bertanding dalam satu grup dan kelompok 4-6 bertanding dalam grup lainnya. Permainan dalam grup (babak penyisihan) dilakukan sebanyak 5 kali untuk menentukan pemenang grup yang selanjutnya akan menantang pemenang grup lainnya. Pememnang grup adalah pemenang terbanyak dari 5 kali permainan tersebut. Selanjutnya pemenang grup saling berhadapan untuk menentukan pemenang kelas.
Aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Tiap grup menentukan sebuah bilangan yang akan dipakai sebagai acuan permainan dan selanjutnya melakukan undian untuk menentukan kelompok yang pertama bermain.
- Kartu dikocok dan dibagikan sebanyak 7 kartu pada tiap kelompok. Sisa kartu diletakan di tengah-tengah meja permainan.
- Kelompok pertama (pemenang undian) meletakan kartu ke atas meja sebanyak-banyaknya dengan jumlah sesuai bilangan acuan yang sudah disepakati sebelumnya untuk diamati dan diperiksa oleh kelompok lawan. Misalnya disepakati bilangan acuan adalah -2, maka semua pemain meletakan kombinasi kartu sebanyak-banyaknya berjumlah -2. Misalnya kartu -4 dan 2 atau juga kartu +3, +1, dan -6, dll.

- Jika tidak ada kartu yang berjumlah sesuai bilangan acuan, maka kelompok pemain pertama boleh mengambil satu kartu dari tumpukan kartu di atas meja.
- Jika tidak ada juga maka kelompok berikutnya akan memulai permaianan, dan seterusnya.
- Pemenang permainan adalah kelompok pertama yang kartunya habis terlebih dahulu.
Sebelum permainan dimulai, siswa terlebih dahulu mempelajari dan menguasai materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kartu ICG bisa dipakai untuk mempraktekan secara nyata penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Bulatan-bulatan merah dan hitam pada tiap kartu dijadikan media untuk memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Aturannya adalah sebagai berikut:
- Bulatan hitam pada kartu bernilai positif dan bulatan merah bernilai negatif. Dua bulatan hitam bernilai +2 dan dua bulatan merah bernilai .

2. Satu bulatan hitam dan satu bulatan merah jika dipasangkan maka bernilai 0.

- Tambah (+) artinya ditambah atau diberi lagi, kurang (-) artinya dikurang atau diambil, dan hasil artinya bulatan sisa atau yang tak berpasangan.
- Contoh operasi menggunakan karti ICG:
Tentukan hasil dari -2 + 4 = …
Dari gambar (a) diketahui bahwa -2 + 4 diilustrasikan dengan mengambil kartu -2 dan +4 kemudian didempetkan bulatan –bulatan pada kedua kartu tersebut. Selanjutnya gambar (b) 2 bulatan merah berpasangan dengan 2 bulatan hitam, sehingga bernilai nol. Sedangkan sisa bulatan ada pada kartu hitam sebanyak 2. Maka hasil dari -2 + 4 adalah positif 2
atau -2 + 4 = 2.
Materi pengurangan dan penjumlahan bilangan bulat merupakan materi yang bersifat abstrak sehingga dibutuhkan media untuk membuat siswa memahami materi abstrak secara lebih mudah. ICG menjadi media konkret untuk membantu siswa memahami materi abstrak matematika. Dengan demikian ICG bukan hanya menjadi media permainan tetapi juga berfungsi sebagai alat peraga untuk memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangn bilangan bulat.
0 comments:
Posting Komentar